Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Harga Cabai di Gresik Tembus 100ribu/Kg

Jumat, 12 Desember 2014 | 19.28.00 WIB | 0 Views Last Updated 2014-12-12T13:15:17Z
GRESIK,(metropantura.com) - Harga cabai rawit di Kabupaten Gresik, menembus angka Rp100ribu/kilo gram, sedangkan cabai merah keriting mencapai Rp50-55 ribu/kilo gram.

"Mahalnya harga cabai di daerah ini dipicu kemarau panjang yang sempat melanda sejumlah daerah, termasuk beberapa daerah pemasok cabai terbesar di Provinsi Jawa Timur, diantaranya di daerah asal Kabupaten Tuban, Malang, Kediri Penghasil Lombok," ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik, M Najikh. Jumat (12/12)

Naiknya harga cabai memang tergolong cepat hanya selang sepekan kenaikannya rata-rata Rp15 ribu/kilo gram. Namun Najik menjamin jika tingginya harga cabai tidak akan berlangsung lama. "Paling tidak harga cabai yang cukup meroket ini akan bertahan hingga dua minggu ke depan mengikuti komoditi pasar," ujarnya.

"Kami sudah sampaikan ke balai informasi terkait kenaikan harga cabai ini, juga kita akan lakukan sidak ke pasar- pasar terkait faktor lonjakan harga cabai ini." Pungkasnya.

Ia beralasan, tanaman cabai milik petani khususnya di kabupaten ini tidak mati, namun musim kemarau membuat produksi buahnya hampir-hampir tidak ada. Sehingga curah hujan yang semakin baik ini, diharapkan segera memicu produksi cabai lokal maupun meningkatkan pasokan komoditi unggulan rempah-rempah ini kembali normal.

Pantauan wartawan di sejumlah pasar tradisional daerah ini, diantaranya di beberapa pasar Tradisional juga Pasar kota Kabupaten Gresik, harga cabai menjadi topik hangat yang cukup menghebohkan konsumen khususnya ibu rumah tangga. Diva, salah seorang warga Desa Randuagung pemilik warung makan di Jalan Tridharma Petro, mengaku kaget dengan tingginya harga cabai rawit.

"Biasanya saya membeli cabai ukuran setengah kilo gram untuk persediaan selama dua hari, namun harga cabai yang sangat mahal terpaksa saya beralih membeli cabai rawit kering yang hanya dijual Rp 10-15 ribu/kilo gram," ujarnya.

Sementara itu, komoditas rempah-rempah lainnya yang mulai mengalami kenaikan harga yaitu tomat apel, naik dari Rp1.000-Rp2.000/kilo gram kini menjadi Rp3.000/kilo gram. Sedangkan bawang merah dan putih stabil di kisaran Rp20 ribu/kilo gram, bawang daun Rp6 ribu/kilo gram.sgg
×
Berita Terbaru Update