Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Berkah Ramadhan, Pengrajin Songkok Lukis Di Gresik Banjir Pesanan

Senin, 22 Juni 2015 | 18.52.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-06-22T11:52:14Z
GRESIK,(metropantura.com) - Bulan suci ramadan membawa berkah tersendiri bagi perajin songkok lukis di Gresik, dengan menawarkan keunikan motif dan gambar trend terkini, para perajin kuwalahan melayani pesanan hingga dari mancanegara. Tak tanggung-tanggung omset naik hingga 400 persen. Songkok lukis paling diminati pelanggan, terutama motif boboboy transformer, naruto, menguin, dan angry bird, kesukaan anak-anak.

Salah satu perajin songkok lukis yang menuai berkah bulan ramadhan adalah Abdul Yazid, warga Kelurahan Kroman Kecamatan Gresik Kota. Berbekal bakat melukis pria berkacamata itu menawarkan keunikan motif dan gambar trend terkini.

Pria berusia 27 tahun ini menawarkan berbagai motif unik pada songkok lukisnya terutama yang menarik perhatian anak-anak. Abdul Yazid sengaja mengembangkan inovasi songkok lukis berdasarkan selera pasar,
terutama membidik pasar anak-anak dengan menyuguhkan beragam kreasi lukisan super hero yang saat ini lagi trend dan dicintai kalangan anak-anak.

"Songkok lukis motif boboboy ini dibuat menyesuaikan trend dan selera pelanggan. Songkok lukis sengaja dibuat dari tangannya sendiri secara tradisional, agar terlihat alami dan natural," ujar Abdul Yazid.

Yasid menambahkan, sepekan menjelang idul fitri seperti saat ini kebanjiran pesanan. Bahkan, Yasid mengaku kuwalahan menerima pesanan. Saat ini omsetnya mencapai hingga 400 persen di banding hari-hari biasa.

Jika dalam hari-hari biasa, lanjut Yasid, pemintaan hanya 100 kodi perkodi berisi 20 biji songkok. Namun pada bulan suci ramadan omset mencapai 500-600 kodi. Untuk memenuhi pesanan, Yazid dibantu adik dan tiga temannya.

yazid mengaku " Dalam bulan ramadan ini, harus membuat sebanyak 10-20 ribu biji songkok lukis, dalam tiga minggu terkakhir, sesuai order maupun pesanan pelanggan. Pesanan songkok lukis tidak hanya datang dari kota- kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jogjakarta, Solo, dan Jakarta. Namun pemesan songkok lukis motif anak juga datang dari macanegara seperti Malaysia, Singapore dan Brunei Darussalam,"tambahnya

Untuk menghasilkan songkok lukis berkualitas, Yasid hanya menggunakan cat sintetis dengan kualitas tinggi sehingga hasil lukisan di songkok awet alias tidak cepat pudar dan rontok.

Nana salah satu pembeli mengaku sebagai pelanggan setia yazid mengatakan selain murah, songkok lukis buatan yazid hasilnya bagus dan awet motifnya paling disuka anak-anak.

"Soal harga anda jangan khawatir, untuk songkok motif biasa Yasid menjualnya dengan harga 40 ribu rupiah, sedangkan songkok lukis motif kesukaan anak-anak, seperti boboboy, angry bird, naruto, transformer, dan penguin, hanya dijual dengan harga 50 ribu rupiah perbiji," Pungkasnya.

Penulis  : Mochamad S
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update