Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bulan Puasa, Pendonor Darah Turun 60 Persen

Rabu, 24 Juni 2015 | 20.07.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-06-24T13:07:36Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Jumlah pendonor darah di PMI Lamongan di Bulan Puasa Ramdhan ini mengalami penurunan hingga 60 persen dari kondisi biasanya. Namun untungnya, stok darah di PMI Lamongan masih cukup, bahkan berlebih.

Untuk meningkatkan jumlah pendonor tersebut, PMI melakukan sejumlah inovasi. Seperti akan melakukan jemput bola, pengambilan darah pada malam hari di masjid-masjid seusai Sholat Tarawih.

“Stok darah yang ada di PMI Lamongan saat ini cukup banyak. Namun untuk mengantisipasi kebutuhan saat peningkatan arus mudik nanti, yang biasanya juga diikuti peningkatan kasus kecelakaan, PMI akan melakukan jemput bola donor darah di masjid-masjid, “ ujar Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo.

Selain itu, lanjut dia, selama ini PMI sudah menyediakan snack, kaos dan beberapa souvenir kepada warga yang mau mendonorkan darahnya. “Ini juga untuk meningkatkan animo masyarakat, “ imbuh dia.

Sedangkan jika sampai terjadi kekurangan stok darah, PMI sudah menyiapkan rencana cadangan dengan mengambil stok darah dari daerah lain. Seperti dengan PMI Surabaya yang selama ini sudah terjalin kerjasama cukup baik.

Stok darah di PMI Lamongan per 24 Juni untuk Golongan A ada 111 kantong. Sedankan darah Golongan B masih ada sebanyak 115 kantong, Golongan AB sebanyak 31 kantong dan stok darah Golongan O masih tersedia 261 kantong.

Penulis  : Udin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update