Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PAN-DEMOKRAT Koalisi Dengan Pasangan SURGO

Selasa, 02 Juni 2015 | 22.29.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-06-02T15:29:30Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Partai Amanat Nasional (PAN) Lamongan dalam pemilu legislative tahun 2014 memperoleh 6 kursi di DPRD Lamongan. Jumlah kursi tersebut tidak bisa mengantarkan PAN mengusung sendiri calon yang akan maju dalam pilkada. Karena itu peluang PAN agar bisa maju dalam pilkada harus berkoalisi dengan parpol lain. Bila tidak berkoalisi, PAN akan menjadi penonton dalam ajang pesta demokrasi rakyat Lamongan nanti.

Tentunya PAN takkan hanya menjadi penonton tetapi menjadi petarung dengan mengajukan kadernya yang terbaik menjadi cabup atau cawabup. Ada dua kader PAN yang mengikuti pendaftaran bacabup bacawabup yang dilaksanakan oleh DPD PAN Lamongan yaitu Drs. H. Husnul Aqib, MM dan Drs. Amar Saifudin, MM. sedangkan calon dari luar PAN yaitu Ir. H. Suhandoyo, Drs. Nursalim, H. Fadeli, SH. Dan Hj. Kartika Hidayati.

Dari enam bacabup bacawabup yang mengembalikan formulir, hanya Ir. Suhandoyo dan Amar Saifudin yang diantar puluhan pendukungnya dan meramaikan pengembalian formulir pendaftaran bacabup bacawabup di kantor DPD PAN Lamongan. Keduanya mengembalikan formulir secara bersamaan, Ir. H. Suhandoyo maju menjadi Bacabup sedangkan Amar Saifudin maju sebagai bacawabup. Kedatangan keduanya yang bersamaan memunculkan persepsi dikalangan pendukungnya jika keduanya pantas berpasangan maju dalam pilkada nanti.

Lantas apakah Suhandoyo dan Amar Saifudin bisa berpasangan maju dalam pilkada nanti? Sedangkan Ir.H. Suhandoyo yang sebelumnya sudah mendeklarasikan berpasangan dengan H. Abdul Ghofur (SURGO). Dalam politik tidak ada yang pasti, yang ada hanya kepentingan yang pasti. Pasangan SURGO bisa saja bubar ketika DPP PKB atau DPP PDI-P tidak merekomendasikannya dan beralih ke pasangan Suhandoyo-Amar Saifudin. Kenyataan sekarang rekomendasi dari DPP PKB maupun DPP PDI-P untuk pasangan SURGO belum turun. PAN mempunyai 6 kursi di DPRD dan PDI-P mempunyai 8 Kursi di DPRD, jika keduan partai ini digabung bisa mencukupi syarat minimal dukungan untuk maju dalam pilkda.

“semuanya kan bisa kita bicarakan bersama. Terkait Surgo liat aja gambar di lapangan. Semuanya tergantung partai apakah bersama surgo atau Amar. Tergantung rakyat”ujar legislator PDI-P di kantor DPD PAN

Secara terpisah, Amar Saifudin kembali menegaskan bahwa dirinya maju sebagai bacawabup dengan pertimbangan kondisi riil PAN di Lamongan. Dengan hanya meraih 6 kursi DPRD tidak memungkinkan PAN mengajukan calon Bupati. Dirinya tidak mempermasalahkan berpasangan dengan siapa pun kecuali berpasangan dengan H. Fadeli. Amar saifudin sudah tidak mau lagi berpasangan dengan H. Fadeli. Bahkan pendukungnya Amar Saifudin berteriak anti bupati Fadeli

“cukup sekali ini saja (wakil bupati Fadeli). Takkan terulang lagi, masih banyak janji saya waktu kampanye yang belum terealisasi akibat kondisi saya sekarang ini”jelas wakil bupati Lamongan.

Amar Saifudin mengkritik pemerintahan Bupati Fadeli yang masih menyisakan banyak permasalahan. Jalan-jalan masih banyak yang rusak, korupsi merajarela,bangunan Plasa mangkrak, PLTSa yang menelan dana 2 miliar lebih tidak berfungsi.

“keberhasilan pembangunan tidak hanya mengkoleksi piala saja. Jangan-jangan nanti lamongan dibuatkan museum piala”sindir Amar.

DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Lamongan hari ini, Senin (1/6), menutup pendaftaran bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) pilkada 9 Desember mendatang. Bacabup yang telah mengembalikan formulir pendaftaran adalah H. Suhandoyo,H. Fadeli, H. Nur Salim dan H. Husnul Aqib, sedangkan bacawabup adalah Kartika Hidayati dan Amar Syaifudin.

Ketua DPD PAN, Husnul Aqib, menjelaskan semua pendaftar akan dimintakan rekom ke DPP PAN. Nanti DPP PAN yang menentukan kebijakan mengenai apakah rekomendasi itu system paket atau tidak.

“itu kebijakan DPP PAN apakah paket atau Tidak. Tugas kami hanya melakukan pendaftaran bacabup bacawabup”ujar Legislator PAN

Setelah Suhandoyo dan Amar Saifudin bertemu saat pengembalian formulir pendaftaran bacabup bacawabup di kantor DPD PAN Lamongan, kedua tokoh politik ini kembali bertemu di acara rilis Suhandoyo Sport Centre di Rumah Makan Aqilah Lamongan, Selasa (2/6). Dalam pertemuan ini Suhandoyo bersama pasangannya H. Abdul Ghofur bertemu dengan Amar Saifudin dan fungsionaris DPP Partai Demokrat, Hendra Suardhana. Ketiga tokoh sentral parpol ini menjalin komunikasi intensif jelang pilkada Lamongan.

Pertemuan dengan tokoh politik dari PAN dan Partai Demokrat membenarkan pernyataan Suhandoyo sebelumnya yang akan menjalin komunikasi politik dengan PAN dan Demokrat. Meski rekom masing-masing DPP Parpol belum turun, indikasi kedua parpol ini akan mendukung Pasangan Surgo kian kuat. Kedekatan DPP PAN dan DPP Partai Demokrat dengan pasangan SURGO sudah ditunjukkan oleh kehadiran Amar Saifudin yang merefleksikan ketua umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Hendra Suardhana merefleksikan DPP Partai Demokrat. Dengan demikian bila koalisi ini mendapat rekomendasi dari masing-masing DPP Partai Politik, kekuatan calon incumbent akan semakin melemah.

Penulis  : Udin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update