Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Rukyatul Hilal Gresik Hari Ini Tak Dapat Hasil

Selasa, 16 Juni 2015 | 21.01.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-06-16T14:01:43Z
GRESIK,(metropantura.com) - Lajnah Falakh Nahdatul Ulama bekerja sama dengan Pengadilan Agama kabupaten Gresik beserta Kementrian Agama kabupaten Gresik melakukan Rukyatul Hilal sore ini.selasa,(16/06/15).

Hal ini untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1436H. Seperti tahun sebelumnya, Rukyat kali ini juga dilakukan di tempat yang sama di Balai Rukyat Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas.

Dari perhitungan Hisab Hilal hari ini tidak ada tanda-tanda kenampaan, namun Rukyat dan sidang Isbat tetap dilaksanakan. Haris Hasanudin Kepala Kementrian agama kabupaten Gresik mengatakan bahwa Hisab dan Rukyat bagaikan dua sisi mata uang yang tak bisa terpisahkan. "Rukyat sore ini untuk memastikan dari perhitungan Hisab," ungkapnya.

Sampai pada batas waktu Rukyat, Hilal masih belum nampak, meskipun langit terlihat cerah. Para Shahid dan juga Perukyat tidak satupun menyaksikan tanda-tanda adanya Hilal. "Sampai pukul 17.26 yang merupakan batas akhir melihat Hilal, masih belum ada tanda-tanda Hilal nampak," tambah Haris.

Kegiatan Rukyat ditutup dengan sidang Isbat yang dipimpin oleh Shofan sebagai Hakim tunggal. Keputusan yang diambil yakni Hilal pada sore ini tidak nampak di Gresik. " menisbatkan hasil rukyat dari perukyat tidak berhasil melihat Hilal" putus Hakim.

Hasil dari Sidang Isbat ini nantinya akan dikembalikan ke Kementrian Agama Pusat sebagai bahan pertimbangan bahwa di kabupaten Gresik Hilal masih belum nampak. "Hampir bisa dipastikan awal Ramadhan adalah hari kamis," tambah Haris.

Kegiatan rukyat Hilal akan dilaksanakan lagi pada hari rabu tanggal 17 juni 2015 pada tempat yang sama.

Penulis  : Syaifuddin Anam
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update