Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cuaca Buruk Ratusan Kapal di Pelabuhan Gresik Gagal Berlayar

Selasa, 11 Agustus 2015 | 20.07.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-08-11T13:07:48Z
 GRESIK,(metropantura.com) - Ratusan kapal dipelabuhan Gresik Selasa (11/8) siang gagal berlayar diakibatkan angin kencang dan gelombang tinggi hingga mencapai lima meter. Cuaca buruk kali ini memaksa syahbandar Pelabuhan Gresik menutup sementara layanan pelabuhan dan mewarning nahkoda kapal akan bahaya geombang tinggi.

Gelombang setinggi lima meter dan angin kencang yang melanda perairan laut jawa. Sejak hari Kamis kemarin berimbas pada kegiatan pelayaran dan jasa bongkar muat di pelabuhan Gresik, hampir seluruh aktifitas di Pelindo tiga ini lumpuh.

"Lumpuhnya aktifitas pelabuhan Gresik ini, mengakibatkan ratusan kapal berbagai tujuhan yang akan berangkat dari dermaga Gresik gagal berlayar akibat adanya warning dari syahbandar pelabuhan," ujar Kasdi salah satu Kapten Kapal.

Kasdi juga menambahkan, pihaknya hampir sepekan ini menunggu di dermaga Gresik lantaran masih ada larangan untuk berlayar dari Adpel Gresik akibat gelombang tinggi.

Sementara itu Kasi Pelabuhan Kantor kesyahbandar otoritas pelabuan Gresik, Nanang Affandi saat di hubungi via telephond, menyatakan, larangan berlayar berlaku Kamis (6/8) lalu hingga batas waktu yang belum di tentukan. Akibat gelombang tinggi hingga lima meter dan kecepataan angin mencapai tiga puluh dua knot.

"Gelombang tiga setengah sampai empat, gelombang laut jawa bagian timur mencapai lima meter dan kecepatan angin mencapai tiga puluh dua per knot, dan penumpang otomatis di hentikan kalau barang minimal 1000 graston," ujarnya.

Nanang juga menambahkan, data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Tanjung Perak surabaya meyebutkan,"Terhitung sejak 6 agustus hingga 17 agustus nanti, kondisi perairan laut jawa masuk katagori lambang merah, yakni gelombang tinggi mencapai 3 sampai 5 meter dan bahaya bagi pelayaran." Pungkasnya.

Sementara itu, akibat diberlakukan larangan berlayar, lebih dari empat ratus kuli pelabuhan Gresik menganggur, karena tak satupun kapal barang yang melakukan aktifitas bongkar muat akibat gagal berlayar.

Penulis : Mochamad S
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update