Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hasil Survei LPKS, Elektabilitas Khuluq-Rubaie Kalahkan Sambari-Qosim

Rabu, 19 Agustus 2015 | 20.11.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-08-19T13:11:24Z
GRESIK,(metropantura.com) - Dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Pusat Kajian Sosial (LPKS), pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Husnul Khuluq-Achmad Rubaie (Berkah) unggul dengan elektabilitas 39 persen. Sedangkan pasangan incumbent Sambari Halim Radianto-Moh. Qosim (SQ) dipilih hanya 32,8 persen dari 500 responden yang diambil secara acak di 18 kecamatan yang ada di Gresik. Dan di posisi terakhir pasangan Ahmad Nurhamim-Junaidi (Arjuna) dipilih 9,2 persen responden.

"Jika hari ini digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik, itu hasilnya," ujar Ahmad Mustar, Ketua LPKS (Lembaga Pusat Kajian Sosial) saat rilis di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Gresik, Rabu (19/8).

"Sampel yang diambil sebanyak 500 responden secara acak dari 18 kecamatan. Teknik survei yang dilakukan adalah sampel acak bertingkat dan teknik sampel acak berkelompok. Margin error dari survei kami 4,74 persen, dan tingkat kepercayaan 93,6 persen," imbuhnya.

Rendahnya elektabilitas pasangan petahana, tambahnya, tidak lepas dari kepuasan responden terhadap kinerja incumbent. "Kepuasan publik terhadap kinerja SQ selama masa bhakti 2010-2015, hanya 47 persen yang mengaku puas, sedangkan 50,4 persen merasa tidak puas. Dan yang menjawab tidak tahu 2,6 persen," ungkapnya.

Jika dilihat lebih dalam, tambah Ahmad Mustar, pasangan Berkah dan Arjuna banyak dipilih oleh perempuan. Sedangkan pasangan SQ lebih banyak dipilih responden laki-laki. "Nah, dari hasil survei elektabilitas yang sudah ada tadi, dapat dirinci berdasarkan gender atau jenis kelamin. Dari 32,8 persen responden yang memilih SQ, 57 persen di antaranya adalah laki-laki, dan 43 persen perempuan. Sementara pasangan Berkah, sekitar 50,1 responden yang memilih Berkah adalah perempuan dan 49,9 persen laki-laki. Begitu juga pasangan Arjuna, 51,2 persen responden yang memilihnya adalah perempuan, dan 48,8 persen laki-laki," papar Ahamad Mustar.

Jika dikelompokan berdasarkan pendidikan, lanjut dia, pasangan SQ banyak dipilih oleh responden tamatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sarjana, banyak memilih Berkah.

"Selain itu responden dengan usia 17 tahun (pemilih pemula) hingga 40 tahun banyak memilih pasangan Berkah. Sementara untuk responden berusia 41 tahun ke atas memikih SQ," tandasnya.

Selain survei elektabilitas pasangan calon, survei bertajuk 'Mencari Calon Pemimpin Gresik 2015-2020' oleh LPKS ini juga melakukan survei kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik. "Jika responden ditanya, apakah mereka tahu tanggal 9 Desember 2015 akan ada Pilkada di Gresik, jawabannya 82,3 persen responden mengaku sudah tahu, sedangkan 17,7 persen tidak tahu," ungkapnya.

Kemudian, tambah Ahmad Mustar, jika ditanya siapa yang mempengaruhi responden dalam memilih calon. "Didapatkan angka 43 persen tokoh agama atau kiai, kemudian 26 persen tokoh masyarakat, dan 4,8 desa aparat desa," pungkasnya.

Sekadar informasi, survei ini dilakukan dalam waktu 6 Juli hingga 6 Agustus 2015. Dan di Pilkada Gresik nanti ada tiga pasangan calon, yaitu SQ yang diusung Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kemudiam Berkah berangkat dari PDI Perjuangan dan PAN. Selain itu, Berkah juga didukung Gerindra dan PPP. Sementara Arjuna maju melalui Partai Golkar.
 
Penulis  : Mochamad S
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update