Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peduli Dengan Budaya Jawa, Imam Gondrong Tekuni Membuat Wayang Dari Karton

Minggu, 09 Agustus 2015 | 18.18.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-08-09T11:18:39Z
BOJONEGORO,(metropantura.com) - Sebagai warga Negara yang peduli dan menyintai kebudayaan leluhurnya, perlu mendapatkan apresiasi.Hal itu telah dilakukan seorang seniman asal Bojonegoro,Imam Gondrong (42), warga,Gg, Namlo Kelurahan Mojo Kampung, Kecamatan Bojonegoro itu, sampai kini masih menguri- nguri, Budaya Bangsa. Mas Imam, begitu biasanya dipanggil, dia adalah seorang seniman yang masih punya kepedulian memelihara Budaya Bangsa, dengan membuat wayang.

Namun, apa yang dilakukan Imam tidak seperti yang dilakukan oleh seniman lain yang biasa membuat wayang dengan bahan dari kulit, namun seniman satu ini membuat wayang dari bahan Karton.Memanfaatkan di Kampung yang dijumpai banyak karton. Disitulah seorang Imam mempunyai inisiatif untuk mambuat wayang.

Saat ditemui dirumahnya mengatakan, bahwa wayang sekarang ini sudah mulai punah karena kurangnya kepedulian generasi muda terhadap kekayaan budaya kita sendiri,"saya akan terus berkarya untuk melestarikan budaya bangsa ini,"ujar pria berkumis tebal itu. 

Dirumah yang sangat sederhana itu Imam sudah mengoleksi puluhan bahkan ratusan wayang wayang Karton dari berbagai ukuran terpajang tokoh pewayangan, antara lain Semar, Gareng,Petruk,dan Bagong, serta tokoh yang lain seperti Gatut Koco, Satria Pringgondani semuanya terpajang dirumahnya." Ya lumayan mas pesanan sampai saat ini masih sebatas dari teman teman, dan tetangga Kampung khususnya.Dan cukup untuk mengidupi anak dan istri,"akunya sambil tersenyum.

Salah satu kolektor wayang, Pendik guteres mengaku bahwa, karya mas Imam tergolong sebuah karya seni yang tinggi,soalnya dalam pewarnaanya selalu hidup dan mengesankan,"saya mengoleksi karya Mas Imam bukan wayang saja namun lukisan lukisan karya beliu sudah banyak yang saya koleksi,"ujar Pendik mengakhiri.

Penulis  : Sandi Suswondo
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update