Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Selamtkan Pesisir, Marinir Tanam Ribuan Terumbu Karang

Senin, 17 Agustus 2015 | 18.09.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-08-17T11:09:41Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Sebanyak 200 personel anggota Resimen Artileri 1 Marinir Karangpilang Surabaya terlibat dalam upaya penanaman 54 ribu batang bibit terumbu karang di Desa Lohgung dan Labuhan, Lamongan. Wakil Komandan Resimen Artileri 1 Marinir Letkol Marinir Ainur Rofiq menyebut kegiatan itu sebagai upaya penyelamatan kehidupan pesisir.

Dikatakan oleh Letkol Marinir Ainur Rofiq, terumbu karang memiliki manfaat sangat besar untuk menjaga biota laut tetap terpelihara. Juga sebagai penyedia nutrisi dan makanan ikan serta pelindung pantai dari abrasi dan gelombang besar.

“Indonesia adalah Negara maritime terbesar dunia dengan luas perairan mencapai 93 ribu kilometer. Dan terumbu karang Indonesia masuk dalam wilayah segitiga karang dunia, coral triangle, yang juga sebagai pusat keanekaragaman hayati dunia. Karena itu tidak salah jika terumbu karang ini turut kita jaga, “ pesan dia seusai melakukan penanaman pohon cemara udang bersama Plh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di pesisir pantai Desa Labuhan Kecamatan Brondong, Sabtu (15/8).

“Kegiatan di Lamongan ini sebagai bagian dari gawe besar Marinir TNI AL dalam program Selamatkan Terumbu Karang, Selamatkan Kehidupan daerah Pesisir dan Selamatkan Masa Depan Dunia, “ imbuh dia dalam kegiatan yang mencakup luas areal tanam hingga 0,5 hektar tersebut.

Sementara Yuhronur Efendi menyebutkan wilayah garis pantai Lamongan yang mencapai 47 kilomete rmemang sebagian besar sudah dan akan menjadi kawasan industri. Namun dia menyebut itu bukan berarti pemerintah daerah tidak peduli dengan ekosistem dan penyelamatan biota laut.

“Apa yang dilakukan Marinir TNI AL hari ini akan member amnfaat bagi anak cucu kita di masa depan sehingga bisa menikmati hasil laut sebagaimana yang saat ini kita nikmati, “ kata Yuhronur.

Data Dinas Perikanan dan Kelautan Lamongan menyebutkan saat ini terdapat 700 buah terumbu karang buatan di pesisir Lamongan. Jumlah terumbu karang itu mencakup luasan 8 ha yang berada di enam desa. Yakni di Kecamatan Paciran yang berada di desa Kandangsemangkon, Waru, Tunggul, Kemantren, Sidokelar serta desa Labuhan Kecamatan Brondong.


Penulis  : Udin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update