Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Loyalitas Terhadap Pasangan Fakta, PKB dan PDI-P Klaim Tertinggi

Selasa, 22 September 2015 | 19.36.00 WIB | 0 Views Last Updated 2015-09-22T12:36:46Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Pasangan Fadeli dan Kartika Hidayati (FAKTA) yang didukung oleh sembilan parpol di Lamongan sudah diatas angin. Apalagi pesaingnya tidak seberat pada pilkada tahun 2010 lalu. Meski pasangan Fakta sudah diatas angin, tidak membuat parpol pendukungnya diam diri. Namun persoalan yang muncul dari sembilan parpol pendukung pasangan FAKTA tidak semuanya menunjukkan loyalitas yang tinggi bahkan ada parpol yang hanya nggandol saja. Artinya ada parpol pengusung pasangan FAKTA tidak bergerilya untuk memenangkan pasangan FAKTA.

Dua parpol pengusung pasangan FAKTA PKB dan PDI-P saling mengklaim memiliki tingkat loyalitas yang tinggi terhadap pasangan FAKTA. Dua parpol yang sebelum rekomendasi DPP turun berkoalisi dalam pasangan SURGO dan kemudian berafiliasi dengan pasangan FAKTA bekerja keras untuk memenangkan pasangan FAKTA.

Saim, Sekretaris DPC PDI-P Kabupaten Lamongan, mengatakan bahwa parpol pengusung pasangan FAKTA yang mempunyai tingkat loyalitas tinggi terhadap pasangan FAKTA adalah PDI-P. Saim membantah partainya memiliki loyalitas yang rendah. Kegiatan konsolidasi yang dijalankan oleh DPC PDI-P selama ini berhasil menaikkan survey tingkat loyalitas PDI-P terhadap pasangan FAKTA.

“Siapa bilang (loyalitas PDI-P rendah-red), hari ini full. Udahlah...dibuktikan setelah saya konsolidasi, (hasil survey) itu kan satu bulan yang lalu, itu palsu,”bantahnya, Selasa (22/9).

Saim menambahkan meski Pasangan FAKTA yang didukung oleh PDI-P sudah diatas angin tidak menyurutkan semangat kader PDI-P bergerilya mendulang suara untuk pasangan FAKTA. DPC PDI-P bergerak karena amanat partai sehingga diwajibkan semua kadernya mengamankan amanat tersebut.

“Ini amanat partai, harus mengkonsolidasi dan seluruh struktural pengurus harus memperjuangkan mengamankan amanat partai,”jelas Saim.

Saim juga membantah konsolidasi yang dilakukan DPC PDI-P kabupaten Lamongan sampai ditingkat bawah tidak ada kaitannya dengan isu sejumlah kader PDI-P membelot ke pasangan lain. DPC PDI-P Lamongan menegaskan melakukan konsolidasi ke tingkat ranting dalam rangka menyampaikan surat rekomendasi DPP PDI-P terkait paslon yang diusungnya.

“Ya bukan, ini memang disampaikan kepada Ranting bahwa yang diusung PDI-P itu Fadeli dan kartika dan suratnya disampaikan kepada ranting,”tandasnya.

DPC PDI-P lamongan sudah melakukan konsolidasi di 19 PAC di tingkat Kecamatan. Rencananya konsolidasi partai selesai pada tanggal 4 Oktober 2015 mendatang.

Sementara itu,ketua tim pemenangan FAKTA DPC PKB Lamongan, Fauzan Fuadi, mengklaim hasil survey tim FAKTA DPC PKB lamongan menempati tingkat loyalitas yang tinggi terhadap pasangan FAKTA.

“Survey terbarunya per 1 September, justru PKB itu partai politik dengan tingkat loyalitas kepada FAKTA paling tinggi, itu survey timnya pak Fadeli bukan saya yang survey,”jelas Fauzan.

Dengan hasil survey tersebut, lanjut Fauzan, membuktikan bahwa massa pasangan SURGO yang digagas oleh pihak DPC PKB dan DPC PDI-P sudah tidak ada. Pihaknya sekarang lebih fokus pada menguatkan barisan terhadap keputusan partai PKB yang mengusung pasangan FAKTA. Meski nanti ketika masuk TPS tidak terlihat pendukung PKB atau parpol lainnya yang mencoblos gambar FAKTA, dengan hasil survey tersebut membuktikan bahwa dukungan PKB kepada pasangan FAKTA memang tidak main-main.

“lha tadi survey nya itu, itu kan kelihatan. Saya ambil contoh dapil 1 Kecamatan Glagah, PKB yang ke FAKTA sangat tinggi dibandingkan parpol lainnya,”ujarnya.

DPC PKB Lamongan juga tidak berpangku tangan untuk memenangkan pasangan FAKTA. Dikatakan Fauzan bahwa pihaknya bekerja keras memenangkan FAKTA karena pertama, setiap keputusan partai harus total diperjuangkan tidak boleh setengah-setengah. Kedua, untuk konsolidasi internal untuk pemanasan politik internal. Ketiga, menolak anggapan bahwa pasangan FAKTA dibiarkan saja akan menang. Justru anggapan tersebut sebagai jebakan sehingga pihak PKB tidak mau lengah.

Pihak DPC PKB Lamongan menargetkan kemenangan pasangan FAKTA 90 persen. Dengan kemenangan sebesar 90 persen akan menjamin pemerintahan ke depan akan lebih legitimate apalagi didukung oleh legislatif yang semuanya mendukung pasangan FAKTA.

“Target kemenangan FAKTA 90 persen. Pemenangan 90 persen menjamin pemerintahan kedepan lebih legitimate di dukung oleh legislatif seluruhnya. Nanti hubungan legislatif-eksekutif lebih kuat dan baik,”ungkapnya.

Adapun parpol pendukung pasangan FAKTA yang tingkat loyalitasnya sangat rendah adalah DPD PAN Lamongan. menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa DPD PAN Lamongan belum menunjukkan konsistensi dukungan ke pasangan FAKTA. Apalagi pendukung PAN banyak yang mendukung pasangan Nursalim-Edy Wijaya (SAE).

“Justru loyalitas PAN paling rendah terhadap pasangan FAKTA,”jelasnya.

Ketika dikonfirmasi, Ketua DPD PAN Kabupaten Lamongan Husnul Aqib, mengatakan bahwa pihaknya baru bulan Oktober melakukan sosialiasi di tingkat ranting. Sekarang pihaknya masih melakukan pertemuan internal untuk menguatkan barisan partai.

“Rencananya bulan depan (oktober-red) akan ada sosialisasi di tingkat ranting. Untuk sementara masih pertemuan internal partai,”jelasnya.

Penulis  : M Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update