Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Goa Baru Lamongan Penuh Hamparan Stalaktit Dan Stalakmit

Minggu, 17 Januari 2016 | 22.02.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-01-17T15:02:07Z
LAMONGAN,(metropantura.com) – Lamongan kini punya tempat wisata goa lain lagi selain Goa Maharani. Pasalnya, di Lamongan ditemukan sebuah goa baru, di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Minggu (17/1).

Dan Kini Goa yang diberi nama Sumber Arum itu mengambil perpaduan nama penemunya, Darum (68) dan Desa Sumbersari ini memiliki hamparan Stalaktit dan Stalakmit yang cukup indah.“Awalnya saya dapat mimpi disini ada goa dan disuruh buka,” ucap pria yang akrab disapa Mbah Darum bercerita.

Dan Goa Sumber Arum tersebut, ditemukan pada medio bulan Juni 2015 silam tepatnya di alas tua Sambeng. “Saya sering tidur di atas situ (mulut goa), di bawah pohon jati besar ada tempat rata cukup buat tidur, lalu saya mimpi ditemui orang tua laki-laki berjenggot panjang putih dan perempuan berjubah hitam,” sambung Mbah Darum.

Yang kemudian mendapat wangsit untuk membuka goa, Mbah Darum bersama Sidi (45) dan warga setempat mulai melakukan penggalian dengan menggunakan alat seadanya di lokasi yang awalnya adalah sebuah lubang sarang biawak.

“Sebenarnya banyak yang sudah tahu disini ada goa, tapi gak ada yang berani buka, soalnya tempat ini angker. Ada nyambek (biawak) putih dan tokek abang,” Ungkapnya.

Sampai saat ini, proses penggalian oleh warga setempat masih berlangsung. Menurut Mbah Darum, sudah sedalam 8 meter dan mendapatkan 6 lubang yang jalurnya berbeda. Bahkab salah satu lubang terdapat batu berbentuk kepala serigala.

“Ke samping sana 8 meter, ke bawah 8 meter dan ke kanan 3 meter,” jelas dia.

Menurutnya, goa ini akan lebih besar dan berliku dibanding goa lain. “Masih panjang ini, masih terus kita gali. Ya cuma warga saja yang gali,” tambah Mbah Darum. Di dalam goa terpampang Stalaktit dan Stalakmit yang cukup menawan.

Penulis  : M Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update