Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Petani Dan Babinsa Laren Tanam Padi Menggunakan Alsintan Transplanter

Kamis, 11 Februari 2016 | 21.23.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-02-11T14:23:37Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Koramil 0812/19 Laren melaksanakan tanam padi dengan menggunakan alsintan jenis traspanter di lahan seluas 100m2 tersebut milik Ngatip, warga Desa Mojoasem Kecamatan Laren. Kamis (11/2).

Perkembangan teknologi pertanian sudah mulai merambah di Kab. Lamongan. Seperti halnya mesin transplanter (mesin tanam padi) yang diberikan oleh Kementan kepada Kodim Lamongan, rupanya masih menjadi kendala dalam pengoperasian.

Semula warga yang masih manual dalam menanam padi atau istilahnya “tandur”, kini dengan adanya bantuan mesin transplanter menjadi hal yang baru dalam penanaman bagi petani di Lamongan. Penanaman menggunakan transplanter tersebut sekaligus sebagai percontohan penggunaan alsintan jenis transpanter dengan sistim jajar legowo.
Sebelum turun ke sawah, Danramil Laren Kapten Arh Amrozi dan Babinsa Desa Mojoasem, Serda Mulyo menjelaskan kepada para petani tentang tata cara penggunaan alsintan tersebut agar nantinya dapat memahami penggunaan secara tepat dan dapat menghasilkan panen yang maksimal.

“Cara tanam dengan menggunakan mesin tanam ini bila sudah mahir hanya memerlukan waktu 1,5 jam per hektare. Bagi taraf belajar pengoperasian masih harus membutuhkan waktu 2,5 jam per hektare. Dengan mesin ini, tambah Danramil, bisa lebih menghemat waktu dan tenaga juga membuat tanaman rapi, karena secara otomatis mesin telah memisah-misah bibit dengan dengan jumlah yang sama,” jelas Danramil

Ia menambahkan, hal itu merupakan salah satu bukti TNI, khususnya Kodim 0812 Lamongan dalam membantu petani untuk memperoleh panen yang maksimal

“ini merupakan bukti kepedulian TNI khususnya Kodim dan Koramil untuk membantu petani memperoleh panen yang maksimal tanpa ada kendala dengan kemajuan tehknologi. ujar Danramil mewakili Dandim Lamongan

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kapolsek Laren AKP Sampun tersebut, pak Ngatip Pemilik lahan, merasa senang atas dukungan yang diberikan oleh TNI dari Koramil Laren dalam pengoperasian mesin transplanter.

”Selain membantu kami, Personel TNI juga memberi motivasi kepada petani di desa kami,” pungkasnya.

Penulis  : M Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update