Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

14.049 Siswa SMK ,SMA Dan MA Ikuti UNAS

Senin, 04 April 2016 | 19.49.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-04-04T12:49:48Z
BOJONEGORO,(metropantura.com) - Sebanyak 14.049 pelajar kelas XII SMA, MA, dan SMK di Kabupaten Bojonegoro mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat. Hal tersebut dilaksanakan secara serentak mulai 4 April sampai 7 April mendatang.

Ujian Nasional yang dilakukan dalam dua sistem, yakni Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Ujian Nasianal tahun ini menurut data tercatat peserta SMA sebanyak 4.757 siswa, SMK sebanyak 6.098 siswa, Madrasah Aliyah 3.190 siswa, dan SMA Luar Biasa 4 siswa. Selain itu terdapat juga 2.801 peserta ujian nasional Paket C atau setara SMA.

Kepala Bidang SMP, SMA dan SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Puji Widodo, mengatakan, hari ini dilaksanakan UN serempak dan setiap ruangan dijaga dua pengawas dari sekolah lain. Pengawas tidak boleh dari sekolah sendiri, dan pihak sekolah dilarang masuk ke ruangan.

"Kemungkinan ada peserta yang tidak masuk karena keluar, dan lainnya. Namun kami masih menunggu laporan dari pihak sekolah," ujarnya kepada,awak media di kantornya, Senin (4/4).

Secara terpisah, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bojonegoro Hidayat Rahman, mengatakan, tahun ini sekolahnya melaksanakan ujian nasional sistem CBT atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebelum pelaksanaan ujian, pihak sekolah mewajibkan siswa datang 60 menit lebih awal. Selama waktu tunggu itu, pihak sekolah ada kesempatan untuk mengabsen dan mengajak siswa berdoa agar pelaksanaan UN lancar dan tenang.

"Untuk pelaksanaan UNBK sekolah telah menyiapkan 5 laboratorium komputer, dengan setiap ruang berisi 20 komputer. Pelaksanaan ujian dibagi dalam tiga sesi, dimulai pukul 08.00 selesai pukul 16.00 WIB," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Bojonegoro Nurhayi, mengungkapkan bahwa sekolahnya masih menggunakan sistem manual atau Paper Based Test (PBT). Sebab, sekolah yang dipimpinnya belum memiliki sarana yang memadai.

"Sehingga kami melaksanakan ujian nasional masih seperti tahun kemarin. Untuk pelaksanaannya, hari ini ada dua mata pelajaran, jurusan IPA mata pelajaran Bahasa Inonesia dan Kimia, sedangkan jurusan IPS, Bahasa Indonesia dan Geografi. Ujian dimulai pukul 08.00 selesai pukul 12.30 WIB," jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Suyuti terlihat mendatangi berbagai sekolah untuk memantau jalanya UN di beberapa sekolah.

Penulis  : Sandi Suswondo
Editor : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update