Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

58 Operator Disiapkan Hadang Hacker Yang Masuk Internet Pemda

Selasa, 12 April 2016 | 18.35.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-04-12T11:35:43Z
GRESIK,(metropantura.com) - Banyaknya kasus yang menimpa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dengan Website yang di bobol/dirusak para Hacker menjadikan Pemerintah Kabupaten Gresik ektra hati-hati. Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemkab Gresik melalui Bagian PDTI melaksanakan Bintek Assesment Webside yang di ikuti 58 operator TI se Kabupaten Gresik, selama 2 hari yang dipusatkan di ruang Graeta Eka Praja Kantor Bupati Gresik Tgl 12-13 april 2016.

Menurut kepala Bagian PDTI Kabupaten Gresik Dra Rini sulistiowati, menjelaskan bahwa Bintek Assesment Webside ini merupakan tindak lanjut proses Pembangunan server Hosting yang sudah mulai di kembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Masih ada beberapa SKPD di Kabupaten Gresik yang belum memiliki website dan ada pula beberapa SKPD yang komplain akibat Hacker/pencuri data yang menjadikan tugas rutin menjadi amburadul atau bermasalah.

Bahkan banyak data milik Pemkab Gresik atau SKPD Gresik yang hilang akibat Hacker. Kondisi semacam ini membuat Pemkab Gresik lebih waspada dengan menyaring semua informasi. PDTI juga sudah memiliki Hosting yaitu suatu layanan standart untuk kebutuhan masyarakat.

" Dengan bintek dua hari ini diharapkan permasalahan yang dihadapi operator bisa di selesaikan sendiri, namun jika membutuhkan pendampingan PDTI siap memberikan bantuan," ujarnya, Selasa (12/4).

Sementara itu salah satu narasumber dari Kominfo Provinsi Jatim Dedy. K. Menjelaskan bahwa untuk menjaga agar data bisa tetap baik dan aman, harus bisa mengamankan data dan menjaga kerahasiaan data. Adapun tips menjaga data yaitu user/operator jangan percaya pada software apapun yang didownload dan jangan langsung mengeksekusi attachmat email.

"Jadi kami hanya memberikan tip-tip bagaimana cara mengenali website/email palsu, hacker yang selalu ingin masuk ke website,” Pungkasnya.

Penulis  : Mochamad S
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update