Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Belalang Goreng Menu Khas Makanan Baru Di Lamongan

Senin, 11 April 2016 | 19.46.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-04-11T12:46:00Z
LAMONGAN,(metropantura.com) – Lamongan banyak memiliki makanan khas yang sudah tidak asing lagi bagi penikmat kuliner seperti Soto, nasi boran dan Tahu tek. Namun makanan yang satu ini lebih ekstrim lagi yang menjadi makanan favorit orang lamongan yakni belalang goreng. Belalang yang banyak dijumpai di hutan, sawah atau ladang jika diolah akan menjadi santapan yang lezat.

Tangan terampil pengolah belalang berawal dari coba-coba yang dilakukan oleh Muniah, warga Desa Sambeng Kecamatan Sukorame Lamongan. berawal dari permintaan suaminya yang ingin dibuatkan makanan dari belalang, lantas Muniah mencobanya dan ternyata hasil masakan belalang gurih dan renyah seperti udang goreng.

"Awalnya hanya coba-coba waktu suami saya minta dimasakin belalalng goreng.Ternyata rasanya gurih dan renyah, apalagi kalau di makan bareng-bareng,"ujar Muniah, Senin (11/4).

Lambat laun Muniah mempunyai inisiatif membuka warung dengan menu belalang. Dengan warung yang sederhana dipinggir jalan Muniah memulai usahanya menjual makanan dengan menu khas belalang. Menu belalang tersebut membuat warung Muniah ramai pembeli. Pelanggannya berasal dari lamongan, Mojokerto, Kalimantan bahkan dari luar negeri seperti malaysia dan Korea.

"Gak nyangka warung rame, pelanggannya banyak, ternyata banyak yang suka belalang goreng,Pelanggannya banyak dari Lamongan sendiri, Mojokerto, mahasiswa juga banyak. Ada juga lo mas yang dari Kalimantan pernah makan belalang disini. Dari kuar negeri Malaysia dan Korea juga pernah," paparnya

Karena banyak pelanggan yang menyukai masakan belalang, Muniah mendatangkan belalang hidup dari Nganjuk dengan harga belalang mentah setiap kilogramnya Rp. 50.000. setiap harinya warung Muniah menghabiskan 10 kilogram belalang dengan omzet penjualan sehari mencapai Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000. ketika warungnya ramai omzetnya bisa mencapai Rp. 1,5 juta sehari.

Lebih lanjut Muniah membeberkan resep cara memasak belalang goreng yang cukup sederhana. Belalang pertama kali di rebus, selanjutnya di buang kotorannya dan di bumbui dengan rempah-rempah khusus.

"Setelah itu tinggal goreng 15 menit, sudah matang kalau warnanya kecoklatan,”bebernya

Dari hasil menjual masakan belalang yang ditekuni 16 tahun Muniah berhasil menyekolahkan salah satu putrinya hingga perguruan tinggi.

"Anak saya yang Ika jadi sarjana dari jualan belalang goreng," tandas Muniah.

Salah seorang pelanggan, Sabin, mengatakan bahwa dirinya sudah lama menyukai masakan belalang di warung Muniah. Menurutnya belalang goreng mampu meningkatkan vitalitas kaum laki-laki. Belalang juga berkhasiat menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

"Bisa menyehatkan laki-laki agar perkasa,Sering saya makan, enak-renyah, bisa menurunkan darah tinggi, kolesterol," tambah seraya menyantap belalang goreng,”jelasnya.

Penulis  : M Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update