Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cerdaskan Kehidupan Bangsa Dengan Program Sebar Sejuta Buku

Selasa, 12 April 2016 | 19.01.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-04-12T12:01:20Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Program Sebar Sejuta Buku diluncurkan di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (12/04). Program tersebut merupakan sebuah gerakan sosial untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembangunan sejulah perpustakaan di pelosok Nusantara.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Direktur Wiasata Hati Business School Deddi Nordiawan.

“Sebar Sejuta Buku adalah sebuah gerakan sosial untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membangun perpustakaan mini di seluruh pelosok Nusantara. Setiap donasi dari masyarakat akan dikonversi menjadi buku-buku,” ungkap Deddi Nordiawan.

Sampai saat ini, lanjut Deddi Nordiawan, telah terdapat sebanyak 48 donatur di Kabupaten Lamongan. Sehingga di dapat 48 paket donasi buku, dimana tiap paketnya berisi 250 buku yang akan disebarkan lembaga-lembaga pendidikan, taman bacaan, perpustakaan, masjid atau yayasan.

Masih menurut Deddi Nordiawan, bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,01 persen, yang artinya hanya 1 dari 1.000 penduduk Indonesia yang memiliki minat membaca. Kondisi ini menempatkan Indonesia pada posisi 124 dari 187 negara dalam penilaian indeks pembangunan manusia (IPM).

Bupati Fadeli yang membuka kegiatan tersebut menyebut budaya membaca memang masih perlu ditingkatkan. Terlebih di Indonesia, yang lebih jamak adalah budaya verbal seperti melalui mendongeng yang dipraktekkan sejak anak-anak.

“Untuk itu saya sangat mendukung program ini, mudah-mudahan bisa menjadikan kita semakin gemar membaca, “ pesan dia.

Penulis  : M Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update