Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wabup Tuban Ingatkan Mahasiswa Untuk Tanggap Terhadap Negara Demokrasi

Minggu, 24 April 2016 | 19.33.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-04-24T12:33:28Z
TUBAN,(metropantura.com) - Wakil Bipati Tuban, Noor Nahar Husain, menghimbau kepada mahasiswa yang ada di Tuban, untuk biasa menempatkan diri pada posisi strategis dan mampu memetakan arah demokrasi Indonesia. Hal itu disampaikan Wabup saat mengisi kuliah Umum. Minggu (24/4).

Himbauan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa nantinya lebh siap ketika memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang tentunya akan banyak tantangan.

“Sebagaimana Indonesia yang sudah menghadapi Mea, Para pemuda dan Mahasiswa "Harus ada riset tentang arah demokrasi,” Paparnya ketika dikonfirmasi setelah memberikan kuliah umum terhadap mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unirow Tuban, Minggu (24/4).

Ia menambahkan, nuansa pemerintahan yang demokratis sangat penting peranannya bagi perkembangan daerah, baik kebijakan yang diambil maupun kesiapan menyambut MEA sendiri. Riset ilmiah tersebut harus fokus terhadap iklim politik dan kebijakan Presiden RI, Joko Widodo di Ibu kota. Sehingga apapun kondisi pusat, daerah sudah siap mengahadapi konsekuensinya. Serta bisa melakukan antisipasi

"Sebut saja kebijakan pajak yang tidak sesuai target," imbuh Noor Nahar.

Bisa dilihat dari kondisi tersebut, Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Tuban merupakan keniscayaan bagi Daerah Tuban. Namun, pada triwulan IV tahun 2015 belum ditransfer.

Hal itu tentu sangat berdampak negatif untuk daerah, padahal sesuai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2016, DBH tersebut harus terserap dan bisa di manfaatkan ke berbagai sektor.

Namun sayangnya, Rencana-rencana tersebut harus tertunda sementara, menunggu sampai ada pencarian dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) pusat. Alhasil Sesuai target anggaran tersebut bakal dialokasikan ke sektor pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan infrastruktur.harapannya seperti itu

"Riset ilmiah tersebut dapat menganalisa informasi di media masa," terangnya

Sangat diharapkan lebih lanjut atas kontribusi tersebut para akademisi Mahasiswa akademisi Unirow memiliki peran mengawal peranan penting untuk perkembangan daerah. Seharusnya Bukan hanya memproduksi tenaga pendidik semata, namun juga andil di era MEA. Dan siap menghadapi persaingan global

Sudah bisa dibaca gejala yang timbul terkait tanda-tanda menjamurnya Industrialisaai. Meskipun Tuban masuk dalam peta Industrialisasi Jawa Timur, namun baru sektor pariwisata yang siap di era MEA. Berbagai kebijakan Daerah telah diambil, namun tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan sektor lainnya masih lamban, karena mengingat SDM dan sosial kultur yang ada.

Untuk mencapai kesiapan secara menyeluruh sangat dibutuhkan kesadaran Komitmen, Hal tersebut bukan hanya soal menggunakan produk asli Tuban saja, secara tidak langsung mencintai dan melestarikan budaya juga merupakan bagian dari menjaga kearifan, serta memfilter budaya asing.

“Dalam era MEA harus ada komitmen bersama,” ungkapnya.
Hal tersebut direspon baik oleh Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian, dalam sela aela acara selesai sangat mengapresiasi kedatangan Wabup Tuban Nur Nahar dalam mengisi kuliah umum di Unirow. Pihaknya berharap seluruh mahasiswa serius mengembangkan riset ilmiah, serta menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi , serta akan mengimplementasikannya

Salah satu pengapdian dan yang penting adalah "Diantaranya melakukan riset, dan pengabdian masyarakat," ungkapnya .

Penulis  : M Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update