Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wonocolo Destinasi Wisata Minyak Tradisional Pertama Di Dunia

Senin, 04 April 2016 | 20.19.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-04-04T13:19:13Z
BOJONEGORO,(metropantura.com) - Sejenak kita kembali ke masa lalu saat kegiatan eksplorasi minyak tradisonal yang memanfaatkan tenaga manusia masih dimanfaatkan. Pernahkan anda membayangkan bagaimana sulit dan beratnya medan yang harus ditempuh manusia saat itu. 

Nah jika anda ingin menikmati dan merasakan sensasi menambang minyak secara tradisional anda bisa menyempatkan diri mengunjungi desa wisata berbasis edukasi di bidang migas di Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan. 

Hal ini disampaikan Agus Amperianto Field Manager Pertamina Lapangan Cepu saat menemui Kang Yoto Diruang Kerja pagi tadi (4/4).

Pertemuan dengan Bupati itu guna membahas perkembangan perencanaan desa wonocolo yang akan dijadikan “little Texas” di indonesia. “Bojonegoro adalah daerah pertama di Indonesia bahkan dimana tambang minyak/sumur tua dikelola sebagai destinasi wisata edukasi” tutur Agus. Dia menambahkan saat ini pihaknya tengah merancang kawasan tersebut. Mulai dari pemetaan lokasi yang akan digunakan, akses jalan, dan fasilitas pendukung lainnya seperti pusat informasi/museum.

Kang Yoto mengatakan “ini adalah sebuah proses dari transformasi culture yang tidak bisa dianggap enteng. Apalagi selama ini warga pertambangan kental dengan aktifitas pertambangan yang cenderung mengeksploitasi alam yang berlebihan. Kini dengan transformasi ini maka warga harus mengubah pola. Yang salah satunya menjadi lebih ramah dalam melayani wisatawan. Tak hanya itu pola pandang mereka terhadap lingkungan juga akan mengalami hal serupa. “Teksas” dalam artian pandangan Bojonegoro adalah (Tekadnya Selalu Aman dan Sejahtera).

Wacana ini disambut baik oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said. Menterri ESDM mendukung rencana kawasan sumur minyak tua di Wonocolo, Bojonegoro, menjadi tempat wisata edukasi migas 'Little Texas'. Namun, Sudirman mengingatkan, kawasan itu harus dinyatakan aman untuk warga sebelum benar-benar dijadikan sebagai destinasi wisata.

mengutip berita detik finance (1/4) "Saya kira alternatif pemanfaatan sumur tua banyak sekali, dan itu ide kreatif," kata Menteri ESDM di sela acara kunjungannya ke PT Indonesia Power Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan Bali di Jalan I Gusti Ngurah, Pesanggaran, Denpasar, Bali, beberapa waktu lalu.

Sebutan 'Little Texas' dipakai karena di wilayah Wonocolo terdapat 720 sumur minyak tua, mirip seperti kawasan sumur minyak di Texas, Amerika Serikat.

Menurut Sudirman, sumur-sumur tua tak akan ekonomis lagi jika dioperasikan kembali namun bisa menjadi kawasan alternatif wisata dan edukasi selama memenuhi persyaratan aman untuk masyarakat.

Penulis  : Sandi Suswondo
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update