Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

DPC PDIP Gresik Gelar Try Out Masuk PTN Gratis

Rabu, 11 Mei 2016 | 17.57.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-05-11T10:57:02Z
GRESIK,(metropantura.com) - DPC PDIP Kabupaten Gresik akan menggelar try out bagi siswa SMA/MA sederajat yang akan masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di SMA Ma'arif NU Desa Randegan Sari Kecamatan Driyorejo, SMK NU Bahrul Ulum, Desa Pelemwatu Kecamatan Menganti dan SMA Hidayatus Salam, Desa Lowayu Kecamatan Duku pada tanggal 21 Mei 2016, mendatang. Penegasan itu disampaikan Ketua DPC PDIP Kabupaten Gresik, Ir. Hj.Siti Muafiyah, Rabu (11/5).

Menurut dia, try out tersebut gratis alias tidak dipungut biaya. Kegiatan ini merupakan program DPP PDIP untuk membantu para lulusan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) yang ikut test masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). "Try out nanti secara serentak se- Indonesia akan dibuka pada tanggal 21 Mei 2016 pukul 08.00 WIB oleh Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri di GOR Ciracas, Jakarta Timur," tutur Muafiyah.

Muafiyah menjelaskan, try out siswa lulusan SLTA secara serentak se Indonesia akan memecahkan rekor (museum rekor Indonesi (Muri).

Pelaksanaannya, dilakukan secara nasional di 34 provinsi dan seluruh kabupaten dengan target total peserta sebanyak 250 ribu." Siswa yang ikut try out di Gresik tidak dikenakan biaya apapun," jelas mantan anggota DPRD Gresik periode 2009-2014 ini.

Ditegaskan dia, try out untuk persiapan anak-anak lulusan kelas 3 SMA masuk ke Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diharapkan bisa terbantu dalam menghadapi seleksi masuk PTN yang sebelumnya tidak ikut bimbel (bimbingan belajar). "Try out akan bisa membekali mereka," katanya.
Muafiyah menyatakan, selama ini kerap diketemukan siswa yang gagal masuk dalam PTN. Penyebabnya di antaranya, kesalahan dalam pengisian formulir. " Berdasarkan data yang kami dapat sedikitnya 30 persen siswa gagal masuk ke PTN, karena kesalahan dalam pengisian formulir SBMPTN. Nah, nantinya di try out ini diajarkannya, " terangnya.

Try out ini juga dimaksudkan, untuk membantu siswa lulusan SLTA dari keluarga tidak mampu, seperti dari kalangan anak nelayan, petani, buruh dan lainnya. Sebab, mereka banyak yang berprestasi dalam akademika, tapi tidak bisa lanjutkan kuliah karena terbentur biaya." Mereka yang berprestasi akan kami berikan beasiswa," paparnya.
Ditambahkan Muafiyah, kegiatan try out ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PDIP yang memiliki tanggung jawab untuk memersiapkan para siswa lulusan SLTA. Sehingga, mereka siap secara psikologis. Sebab, menyiapkan psikologi itu penting mengingat ujian penerimaan PTN hanya berlangsung sekitar 2 jam. " Waktu 2 jam itu yang akan menentukan nasib mereka, "katanya.

Suasana try out akan disamakan. Untuk materinya mirip soal tes masuk PTN 10 tahun terakhir dan tidak asal buat. Mirip soal-soal setiap ujian masuk PTN favorit. " Peserta akan kita berikan pemahaman tentang universitas terkenal. Seperti nama PT-nya dan berapa daya tampungnya," urai Muafiyah.

Pelaksana try out dibiayai PDIP dengan cara gotong royong. " Try out ini PDIP menggandeng pihak bimbingan belajar swasta yang kredibel, dan kerja sama dengan bimbel yang kredibel," terangnya.

Dan, bagi siswa lulusan SLTA yang berminat ikut try out yang diadakan DPC PDIP Gresik pada tanggal 21 Mei 2016, bisa mendaftarkan diri ke kantor DPC PDIP, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik. Pendaftaran dibuka mulai Rabu(11/5).
Sementara Wakil Ketua Bidang Pora DPC PDIP Gresik, Husnul Kholiq SAg, mengatakan, bahwa persiapan pelaksanaan try out yang dilakukan DPC PDIP Gresik sudah 100 persen. " Try out ini bentuk kepedulian PDIP terhadap para lulusan SLTA. Terlebih, dari siswa kalangan keluarga tidak mampu, "katanya.

Menurut dia, try out tahap awal di tahun 2016 kapasiatasnya terbatas, hanya 500 peserta." Itu merupakan instruksi DPP," jelasnya.

Kholiq menjelaskan, pendaftaran ditutup tanggal 17 Mei 2016. Setelah itu, panitia akan melakukan verifikasi untuk menentukan jurusan sebelum try out 21 Mei 2016. " Setelah dibuka pendaftaran Rabu(11/5), pendaftar sudah mencapai ratusan peserta," pungkasnya.

Penulis  : Mochamad S
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update