Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Banjir Bandang Membesar, Luapan Kali Kening Mencapai 2,5 Meter Warga Mengungsi

Minggu, 19 Juni 2016 | 13.51.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-06-19T06:51:27Z
TUBAN,(metropantura.com)-Lantaran turun hujan deras di beberapa daerah di Kabupaten Tuban yang mengakibatkan banjir bandang dan merendam beberapa desa di Kecamatan Jatirogo dan Kecamatan Kenduruan, akibat luapan kali kening, membuat puluhan warga harus mengungsi di dataran lebih tinggi untuk mencari tempat aman. Minggu (19/6).

Kini dampak banjir semakin meluas, luapan tersebut bergeser di Kecamatan Bangilan, Senori dan Kecamatan Singgahan arah bengawan solo. Di Dusun Sukorejo, Desa Mergosari, Kecamatan Singgahan, di titik terdalam ketinggian air hampir mencapai atap rumah, atau sekitar 2,5 meter.

Kejadian tersebut tak hayal membuat senjumlah masyarakat, menyebutnya kejadian luar biasa, karena biasanya banjir luapan ketinggian air paling dalam hanya 60 centimeter.

"Saya kaget, karena hujan tidak begitu deras tiba-tiba ada air masuk di dalam rumah," jelas Mardam (74), salah satu pemilik rumah yang juga warga Dusun Sukorejo.

Keterangan tersebut juga dibenarkan oleh perangkat Desa Mergosari, Irsyatul Ibad, pihaknya menjelaskan banjir mulai masuk di permukiman warga sekitar pukul 02.30 dini hari menjelang sahur. Gelombang air terus meninggi dan mencapai puncak antara pukul 07.00 sampai jam 08.00 pagi tadi.

"Airnya cepet sekali, sehingga warga yang lain juga ikut membantu evakuasi barang-barang di rumah yang terendam," jelas Irsyat.

Total rumah yang terdampak banjir di Desa Mergosari sebanyak 11 rumah. Dari jumlah itu, sebanyak 4 Kepala Keluarga (KK) yang paling parah dengan ketinggian dua meter lebih dan air nyaris seatap rumah.

Sementara itu, untuk membantu warga masyarakat yang menjadi korban banjir, Tim BPBD Tuban sudah diterjunkan ke lapangan. Selain itu, BPBD Tuban juga langsung mengirimkan bantuan kepada warga yang masih bertahan di rumah maupun yang mengungsi.

"Malam ini juga kita kirimkan logistik, di antaranya selimut dan makanan siap saji bagi warga yang terdampak banjir. Dengan makanan siap saji harapannya bisa dimanfaatkan warga korban banjir untuk makan Sahur," ujar salah satu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. 

Penulis  : Eko
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update