Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menurunnya Pasokan Dari Nelayan, Harga Ikan Laut di Gresik Meroket

Selasa, 07 Juni 2016 | 21.23.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-06-07T14:23:28Z
GRESIK,(metropantura.com) - Harga komoditas ikan laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lumpur Kecamatan Kota Kabupaten Gresik mulai merangkak naik akibat menurunnya pasokan dari para nelayan yang menghentikan "sementara" aktivitas melaut karena alasan cuaca buruk, beberapa pekan terakhir.

"Banyaknya nelayan yang tidak melaut berdampak terhadap kenaikan harga ikan laut," tutur Kholil (45), nelayan di sekitar Pelabuhan Gresik, Selasa (7/6). "Sudah sepekan terakhir harga ikan naik," tambahnya.

Kenaikan ikan rata-rata berkisar Rp 10 ribu per kilogram.

Harga ikan yang mengalami kenaikan misalnya layur dan tenggiri yang kini dijual Rp 80 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga ikan tersebut dijual sekitar Rp 70 ribu per kilogram.

Ikan lainnya yang harganya naik yakni tongkol dari Rp 15 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Selain itu udang lobster naik dari Rp 200 ribu per kilogram menjadi Rp 500 ribu per kilogram.

Kholil mengatakan, kenaikan harga ini dikarenakan pasokan ikan berkurang dibandingkan sebelumnya. Bahkan, stok ikan yang dijualnya hanya cukup satu hingga dua hari.

Menurut Kholil, saat ini banyak nelayan yang tidak melaut karena faktor cuaca buruk seperti ombak tinggi dan angin kencang. Hal ini terlihat dari banyaknya perahu nelayan yang bersandar di dermaga.

"Hanya sekitar 25 persen nelayan yang masih tetap mencari ikan di lautan".

Para nelayan tidak melaut karena cuaca kurang mendukung. Sebab bila dipaksakan hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Penulis  : Mohamad S
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update