Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kerap Sebabkan Kemacetan, Kapolres Gresik Minta Bupati Gresik Bebaskan 8 Rumah Di Duduk Sampeyan

Jumat, 15 Juli 2016 | 19.04.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-07-15T12:04:17Z
GRESIK,(metropantura.com) -- Pemkab Gresik diminta segera tuntaskan pembebasan lahan di simpang empat Duduk Sampean yang sering mengalami kemacetan parah. Hal ini disampaikan oleh pihak Polres Gresik sebab ada delapan unit rumah warga yang masih menunggu dibebaskan yang menyebabkan kemacetan karena penyempitan arus kendaraan.

“Kami sudah koordinasi dengan bupati terkait simpang empat Duduk Sampeyan. Kendalanya kurang anggaran untuk membebaskan lahan. Mudah-mudahan tahun ini selesai," kata Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan, Jum'at (15/7).

Selama arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 2016, di tempat ini lalulintasnya sudah tergolong lancar dan ditak tersendat sama sekali.

"Saya tempatkan pasukan lebih banyak. Sekitar 19 personel untuk mengurai dan mengatur arus lalu lintas pada arus mudik lalu" imbuhnya.

Selama ini penyelesaian kepadatan arus kendaraan di perempatan DudukSampeyan dilakukan dengan sistem buka dan tutup. Caranya, dari arah timur, selatan dan utara ditutup, kemudian dari arah barat yang arus kendaraannya sangat tinggi dibuka dua jalur.

Kepadatan kendaraan di perempatan Duduk Sampeyan akibat kondisi jalan yang menyempit. Dari arah timur dan barat lajur kendaraan bisa tiga mobil, namun sampai di perempatan Duduk Sampeyan hanya satu lajur kendaraan sehingga terjadi penumpukan dan kemacetan kendaraan. Belum lagi saat ada warga yang menyeberang dari arah Selatan dan Utara membuat kendaraan dari arah Timur dan Barat menjadi berhenti total.

Terpisah, Bambang Isdianto, pejabat pelaksana tugas (Plt) Sekda Grsik sekaligus kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kabupaten gresik mengatakan, pihaknya terus melakukan pendekatan untuk membebaskan lahan di perempatan Duduk Sampeyan

"Sebenarnya bisa menggunakan sistim konsinyasi tapi masih diupayakan dengan pendekatan kepada pemilik rumah," kata Bambang.

Upaya lain yang digagas Pemkab Gresik yaitu membuat jalan lingkar di sekitar perempatan Duduk Sampeyan sehingga warga tidak melintas di Perempatan Duduk Sampeyan untuk menyeberang.

"Masih dalam kajian apakah membuat jalan lingkar atau flyover, sebab pembebasan lahan masih sulit," katanya.

Penulis  : Gilang
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update