Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Orang Tua Boleh Antar HPS Anak

Minggu, 17 Juli 2016 | 14.58.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-07-17T07:58:28Z
GRESIK,(metropantura.com) - Kegembiraan orang tua saat ini boleh tersenyum lebar dan tak lagi was was mengatar sekolah anaknya di hari pertama masuk sekolah (HPS), hal tersebut tentu akan memberikan suasana tersendiri dan kebahagiaan bagi seluruh orang tua, karena anak merupakan buah hati dan harapan masa depan, jadi tak salah jika mulai hari senin (18/7) orang tua akan mengantar anaknya masuk sekolah untuk yang pertamakalinya termasuk orang tua yang bekerja baik swasta maupun PNS, kebahagiaan orang tua saat mengantar anak pertama masuk sekolah (HPS) juga di kuatkan dengan Syurat edaran nomor 4 tahun 2016 dari menteri pendidikan dan kebudayaan RI tentang Hari pertama sekolah (HPS).

Dalam surat edaran di sebutkan beberapa dukungan yaitu mendorong aparatur sipil Daerah untuk mengantarkan anak kesekolah di hari pertama dan memberikan dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengatar anaknya ke sekolah, mendukung sekolah dalam menyambut siswa baru dan berinteraksi dengan orangtua.

Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan RI tersebut bertujuan untuk memandang perlu diadakan kampanye hari pertama sekolah yang mengajak orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama masuk sekolah, serta untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan. Selain itu, hari pertama sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antar orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Menurut salah satu Guru SDN 2 sidokumpul Drs. Lasmirin mengatakan, pihaknya menyambut baik surat edaran tersebut, kami bersama pihak sekolah menyambut baik surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan RI tentang Hari Pertama Sekolah, karena dengan demikian anak akan lebih percaya diri jika di sampingnya ada orangtua, dan kami juga akan bisa interaksi langsung dengan orangtua.

"Sudah saatnya kebersamaan pihak sekolah dan orangtua ikut mengiringi proses belajar mengajar di sekolah, sehingga apa yang menjadi kendala sekolah akan dirasakan pula oleh orangtua. Pada dasarnya kami siap memberikan pembelajaran yang terbaik bagi siswa, namun kepedulian orangtua juga ikut mendukung proses tersebut, salah satunya seperti pertemuan-pertemuan rutin antara orangtua, guru, kepala sekolah dan pihak lain, didalam pertemuan lanjutan itu, sekolah bisa menjelaskan visi dan misi pembelajaran. Dan orangtua bisa menjelaskan perkembangan pembelajaran anak mereka di rumah."pungkasnya.

Penulis  : Mochamad S
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update