Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Polres Lamongan Beri Pengarahan Personil Bhabinkamtibmas Desa Guna Sukseskan Pilkada Serentak

Kamis, 14 Juli 2016 | 18.28.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-07-14T11:28:52Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Mapolres Lamongan gelar apel pasukan dalam rangka persiapan pengamanan ditingkat desa yang akan melaksanakan pemilihan pucuk pimpinan kepala desa (pilkades massal. Red) dibeberapa desa yang akan gelar diberbagai wilayah Kecamatan Se-Kabupaten Lamongan.

Kegiatan apel pengarahan tersebut dilaksanakan langsung di depan halaman ruang Satbinmas berlangsung dengan tertib dan dihadiri sebanyak 53 peserta yang terdiri dari Bhabinkamtibmas Desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak.

Dalam sambutanya, Kasat Binmas Polres Lamongan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yanti Bekti Suhartini saat memberikan arahan kepada semua jajaran anggota personel Bhabinkamtibmas Desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak yang akan digelar pada 17 Juli mendatang menekankan kepada Bhabinkamtibmas agar melaksanakan Deteksi dini untuk dapat mengetahui kerawanan di setiap Desa.

Kasat Binmas juga menegaskan agar bersikap netral, karena Polri dilarang keras ikut andil dalam politik, serta tetap aktif berkomunikasi dengan para calon Kades dan team sukses agar dapat menjaga keamanan dan kondusifitas didesanya masing-masing.

“Kami tekankan agar segera melakukan deteksi dini untuk dapat mengetahui kerawanan dimasing-masing Desa yang akan melaksanakan pilkades masal dan jangan lupa juga semua anggota harus bersikap netral, karena Polri dilarang keras ikut andil dalam politik, serta tetap aktif berkomunikasi dengan para calon Kades dan team sukses,”ucap AKP Yanti Bekti. Kamis (14/7).

Tak hanya itu, Kasat Binmas juga menjelaskan kepada Bhabinkamtibmas agar selalu memberikan arahan kepada seluruh anggotanya, agar senantiasa menjaga keadaan kondusif aman dan lancar hingga penyelenggraan pilkades nanti dinyatakan aman dan sukses.

Dalam kesempatan tersebut, langsung dibenarkan Kepala Kepolisian Resor, Kapolres Lamongan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Juda Nusa Putra SIK, saat memberikan pembekalan dan pengarahan kepada seluruh anggota Jajaran Polres Lamongan beberapa waktu lalu.

Ditegaskan olehnya, semua anggota harus mengedepankan keamanan serta kondisifitas desa dan semua anggota yang ditugaskan harus benar-benar netral dalam mengawal demokratisari dimanapun berada apalagi pada pengawalan pilkades masal yang akan digelar beberapa hari nanti.

"Semua anggota saya intruksikan harus netral dan wajib mengamankan dan mensukseskan pilkades masal yang akan digelar diberbagai wilayah seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lamongan,"tegasnya.

Secara terpisah, menjelang persiapan pelaksaan pilkades serentak yang akan dilaksanakan minggu (17/7). Jajaran kepolisian Sektor (Polsek) Bluluk terus melakukan kegiatan patroli dalam rangka menjaga kondusifitas keamanan di wilayah Kecamatan Bluluk. Kamis (14/7).

Ketika dikonfirmasi Kapolsek Bluluk AKP Sukodino mengatakan atas intruksi Kapolres Lamongan, giat patroli akan terus ditingkatkan dan akan dilaksanakan secara rutin pada setiap desa-desa serta akan menggandeng para tokoh masyarakat di wilayah kecamatan Bluluk agar proses Pilkades berjalan aman dan tertib.

"Salah satu desa yang sekarang menjadi tempat patroli yaitu Desa kawurejo,"ujarnya.

Selain itu, ia berharap agar seluruh masyarakat dapat menciptakan kondisi lingkungan yang aman dan nyaman pada setiap desa, sehingga proses Pilkades yang akan digelar secara serentak nantinya dapat berlangsung dengan aman, damai dan kondusif sesuai harapan bersama.

“Patroli ini akan terus kami lakukan ke desa-desa di wilayah kecamatan Bluluk dengan harapan untuk bisa mencegah terjadinya gejolak yang bisa timbul selama proses Pilkades berlangsung”, pungkas AKP Sukodino.

Pada waktu yang bersamaan, Sabhara Polres Lamongan kian meningkatkan rasa aman, salah satunya menerjunkan beberapa anggotanya untuk melakukan patroli pengawasan dan mengamanan di tempat-tempat yang berpotensi rawan kejahatan. Patrol ini dilakukan di sejumlah tempat umun keramaian di wilayah hukum Polres Lamongan, Kamis (14/7).

Dijelaskan Panit Sabhara polres Lamongan Iptu Sajab menjelaskan giat patroli tersebut lebih difokuskan di Toko Emas Pasar Kota Lamongan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pembeli maupun pedagang di Toko Emas Pasar Kota Lamongan.

Disebutkan olehnya, Emas yang bernilai mahal dan berwujud kecil ini menjadikan Toko emas sebagai sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Karena itu Toko Emas menjadi salah satu tempat yang rawan kejahatan dibandingkan dengan toko lainnya di Pasar Kota Lamongan.

“Fokus kita pada pengamanan untuk mengantisipasi adanya pelaku-pelaku kejahatan sasaran toko emas dan para pembelinya,” jelas Iptu Sajab.

Sajab menambahkan, kegiatan patrol ini dilakukan secara bergantian dari toko emas ke toko emas lainnya.

"Kegiatan patroli secara intens ini tak luput dari sambut gembira oleh masyarakat, karena kesiagaan jemput bola dan mengantisipasi sebelumnya dari hal-hal yang tak diinginkan serta dapat menjadikan seluruh aktivitas perbelanjaan di pasar dengan rasa aman dan nyaman tanpa perlu takut terjadi kejahatan di sekitarnya,"ungkapnya.

Penulis  : M Zainudin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update