Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dandim Tinjau Langsung Bangunan Instalasi Unit Pengelolaan Pupuk Organik (Uppo)

Selasa, 11 Oktober 2016 | 16.55.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-10-11T09:55:13Z
LAMONGAN,(metropantura.com) - Pembangunan Instalasi Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) merupakan salah satu program Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam mensukseskan dan meningkatkan Program Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan demi terwujudnya ketahanan pangan nasional.

Dalam kesempatan ini, Dandim melakukan peninjauan Bangunan Instalansi UPPO tersebut yang sudah terselesaikan dalam beberapa waktu lalu.

Saat melakukan tinjauan tersebut, Dandim 0812 Lamongan didampingi oleh Kaprimkop Kartika Suwoko, Kapten Kav Taruji. Pada kesempatan tersebut. Dandim menyampaikan bahwa, Pembangunan instalasi Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) di wilayah Koramil 0812/04 Tikung yang bertempat di Desa Jotosanur akan segera difungsikan untuk membantu masyarakat dalam menjamin ketersediaan pupuk organik.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah Lamongan. “Pembangunan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) ini diatas lahan milik TNI, juga bertujuan untuk memasyarakatkan pertanian dalam menjamin ketersediaan pupuk organik guna meningkatkan produktifitas pertanian,” terang Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sutrisno Pujiono,S.H,M.M, saat meninjau kali pertama di bangunan Instalasi UPPO tersebut, Selasa (11/10)

Selain itu, Dandim juga menerangkan bahwa dalam pengelolahan pupuk yang dilakukan di Uppo milik Kodim 0812 Lamongan juga akan dimanfaatkan sebagai bahan biogas yang juga bermanfaat untuk masyarakat setempat.

“Dalam pengelolaan pupuk juga akan dimanfaatkan untuk bahan biogas dengan teknologi modern,” terang Dandim 0812 Lamongan.

Sementara itu, Kaprimkop Kartika Suwoko, Kapten Kav Taruji, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Lamongan dalam memenuhi kebutuhan pupuk organik.

Hasil produksinya, berupa pupuk cair dan padat tersebut akan disalurkan ke petani dengan harga murah. “Diharapkan program UPPO di Koramil Tikung ini, kedepan bisa dijadikan percontohan di Lamongan, ” paparnya.

Penulis  : Nur Afifah / Moh Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update