Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Koramil Ngimbang Lanjutkan Program Jambanisasi Untuk Warga

Senin, 10 Oktober 2016 | 20.02.00 WIB | 0 Views Last Updated 2016-10-10T13:02:57Z
LAMONGAN,(metropantura.com) – Hari ini (10/10) Jajaran Kodim 0812/06 Ngimbang, Lamongan, melanjutkan program jambanisasi, dimulai dengan pendataan warga yang belum memiliki jamban, dan dilanjutkan dengan membuatnya. Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sejuta sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) yang berbasis masyarakat di rumah warga wilayah Lamongan.

Pj Danramil 0812/06 Ngimbang Kapten Kav. Sumaji mengungkapkan tujuan dari program sejuta sanitasi jamban sehat tersebut, “Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berhenti buang air besar (BAB) sembarangan. Program tersebut juga dibarengi dengan kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban” terangnya.

Babinsa Koramil 0812/06 Ngimbang yang dibantu oleh Babinsa Dusun Kayen Rt 05 Rw 05 Desa Girik Kec Ngimbang Serka, beserta warga masyarakat, memulai pembuatan jamban di Dusun Kayen Rt 05 Rw 05 Desa Girik Kec Ngimbang dengan menggali lubang septic tank milik Sumari, salah seorang warga yang belum memiliki jamban.

Ketika dimintai tanggapannya mengenai program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan antusias menyambut dengan turut serta membantu TNI membuat jamban.

Sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sungai. “Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” ungkap Sumari dengan mata berbinar. 

Penulis  : Trias Nurhasanah / Moh Zainuddin
Editor  : M Arief Budiman
×
Berita Terbaru Update